Sun. Sep 15th, 2019

SMA IT AL IRSYAD PURWOKERTO

Berprestasi Tinggi, Terdepan dalam Akhlak Mulia

Kemah Blok Kelas XI

2 min read

            ASCN SMAIT – Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan yang bertujuan untuk mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia menjadi tenaga kader pembangunan di segala bidang, dengan menggunakan prinsip dasar dan metode pendidikan kepramukaan. Pelaksanaan pendidikan bagi pramuka penegak lebih dititikberatkan kepada peningkatan keterampilan dan kepemimpinan.Oleh karena itu, pembinaan dan pengembangan pramuka penegak harus diarahkan pada kegiatan yang dikelola secara mandiri. Kegiatan-kegiatan yang bersumber dari pramuka,  oleh pramuka dan untuk pramuka penegak.

        Kegiatan-kegiatan pramuka penegak harus mengandung nilai-nilai edukatif, kreatif, rekreatif, serta menarik yang mengandung pembinaan dan pengembangaan generasi muda. Diharapkan di kemudian hari dapat lebih mampu untuk membina dan mengisi kemerdakaan bangsa. Kegiatan tersebut  tentunya yang senatiasa disesuaikan dengan kebutuhan pesertadidik, perkembangan emosional, perkembangan social, perkembangan intelektual dan perkembangan spiritual.

        Gugus Depan XI-02-3455/XI-02-3456 SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto adalah salah satu wadah kegiatan kepramukaan bagi Pramuka Penegak (usia 16-20 tahun) dan hal ini perlu ditindak lanjuti dengan senantiasa mengadakan kegiatan yang bersifat kreatif, edukatif dan menantang. Atas dasar tersebut, maka Gugus Depan XI-02-3455/XI-02-3456 SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dipandang perlu untuk menyelenggarakan kegiatan perkemahan dalam rangka Perkemahan Blok Pramuka Penegak Ambalan Ahmad Surkati dan tahun 2019 dengan tema Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa melalui Kegiatan Kemah Blok. Kemah ini sebagai refleksi dan apresiasi terhadap pembinaan dan pengembangan kaum muda Indonesia melalui Gerakan Pramuka.

        Kegiatan perkemahan blok pramuka penegak yang diadakan di Sekolah Polisi Negara pada tanggal 13-14 Maret 2019. Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 berkumpul di sekolah dengan diawali dengan dzikir pagi. Pukul 07.30-08.00 peserta kemah blok berangkat menuju SPN Purwokerto dengan menggunakan mobil truk SPN.

        Sesampainya di SPN, siswa-siswi langsung mendirikan tenda masing-masing. Setelah sampai di SPN, aktivitas kemah dimulai. Kemah diawali dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan pukul 09.45-10.30. Pembukaan kemah blok dibuka oleh ustazah Wasiroh selaku pembina pramuka. Kegiatan ini dibuka dengan ditandai pembukaan senjata adat ambalan oleh pemangku adat (Zidane Rahma dan Annisa Putri Satriana). Setelah upacara  pembukaan selesai dilanjutkan dengan persiapan LCTP (Lomba Cepat dan Tepat Pramuka) dan lomba memasak. Pada pukul 12.00, peserta melaksanakan salat Dhuhur berjamaah di salah satu masjid di SPN kemudian dilanjutkan dengan makan siang. Pada pukul 13.00, peserta melaksanakan 2 lomba sekaligus, yaitu lomba LCTP dan memasak.  Kegiatan dilanjutkan dengan pengisian materi dari Kak Ngilmi dari pukul 15.30 -17.00. Pada saat kegiatan malam diadakan sharing antara dewan ambalan dan peserta kemah.

             Keesokan harinya, 14 Maret 2019, 02.30-05.00 peserta putra melaksanakan giat pagi. 05.00-05.30 peserta putra melakukan senam pagi dan dilanjutkan kegiatan MCK. Pukul 06.45 peserta putri kedatangan peserta putri. Di hari kedua ini acara utama adalah KAE (Ksatria Al Irsyad Expedition). KAE terdiri atas 5 pos , pos 1 PBB, pos 2 sandi, pos 3 P3K, pos 4 tali temali, dan pos 5 halang rintang. Para peserta terlihat semangat dan senang dalam mengikuti KAE. Kegiatan ditutup oleh ditutup oleh ustaz Edi selaku pembina pramuka dan dilanjutkan dengan pengumuman lomba-lomba dalam kegiatan kemah blok, juara 1 sangga 1 XI MIPA 1, juara 2 sangga 3 XI MIPA 4, dan juara 3 sangga 2 XI MIPA 3.

(*tim jurnalistik pramuka)

 

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright supersu©2019 All rights reserved. | Newsphere by AF themes.