Serunya Belajar “Public Speaking” Bersama Kak Imung

Purwokerto – Komunikasi dalam kehidupan bersekolah sangatlah beragam. Berbicara menjadi salah satu bentuk komunikasi alamiah yang dimiliki oleh setiap siswa. Walaupun berkomunikasi merupakan hal yang natural bagi siswa, keahlian (skill) berbicara juga harus tetap diasah. Apalagi di era milenial ini, kemampuan berbicara siswa di depan umum (public speaking) sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan.

Beberapa hal yang berkaitan dengan public speaking dan teknik penyampainnya dibahas oleh Kak Imung bersama siswa kelas X SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto di Masjid Thariq bin Ziyad pada Selasa lalu (30/7). Pelatihan tersebut sebagai bagian dari kegiatan yang diberikan sekolah selama siswa baru menjalani Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).
“Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong dan melatih siswa berbicara di depan umum dengan percaya diri agar bisa bersosialisasi dengan masyarakat luas,” ungkap Susi Wahyuni selaku ketua panitia MPLS.

Seluruh siswa tampak sangat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan tersebut. Mereka mulai berlatih berekspresi dengan percaya diri dan menggunakan teknik yang baik ketika tampil di depan umum. Bukan hanya belajar teori, mereka juga praktik mengungkapkan topik pembicaraan yang telah ditentukan secara langsung. Belajar mengolah gaya bahasa tubuh, pandangan terhadap lawan bicara, dan intonasi dalam berbicara menjadi penutup kegiatan public speaking siang itu.

Kak Imung mengungkapkan tujuan public speaking sebenarnya adalah menyampaikan sebuah informasi kepada audience agar mereka dapat terpengaruh dan paham pada apa yang disampaikan oleh pembicara. Kurangnya teknik dalam menyampaikan sebuah pesan dan kurangnya penguasaan materi menyebabkan pembicara gagal dalam public speaking.

Dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan siswa kelas X bisa lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan kakak kelas dan seluruh warga sekolah lainnya

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *