:: 62 8000 xxx mading@mading.ciuss
School Info
Thursday, 09 May 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
15 November 2018

Salma Farah Fadila Berhasil Meraih Juara 1 Lomba Baca Puisi Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Thu, 15 November 2018 Read 2x Prestasi

           Pembelajaran bahasa Indonesia mempunyai beberapa aspek keterampilan. Empat aspek keterampilan tersebut antara lain keterampilan membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara. Membaca sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa seseorang. Lomba membaca puisi sebagai salah satu ajang perlombaan yang berkaitan dengan keterampilan membaca sastra. Seni dalam membaca sastra tersebut perlu dilatih secara bertahap sehingga seseorang yang belajar dari hal tersebut dapat dikatakan terampil. Banyak orang mengatakan seseorang akan terlihat hebat jika seseorang mampu membacakan sebuah puisi dan mampu menyampaikan pesan-pesan yang ada di dalamnya. Hal tersebut dapat dilihat dari salah satu siswa SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, Salma Farah Fadila (XI IPS 2) yang berhasil menjuarai lomba baca puisi tingkat Provinsi Jawa Tengah. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Ada pun tema dari kegiatan Menciptakan Generasi Muda yang Bangga Berbahasa dan Bersastra Indonesia melalui Gerakan Literasi .

         Salma berhasil menyisihkan 54 peserta lain dari berbagai daerah. Puisi yang dibacakan dalam babak penyisihan adalah Sesaat Sebelum Pergi karya Inggit Putria Marga. Dia berhasil lolos dan masuk 10 besar dalam bersaing dengan yang lainnya. Dalam babak final, Salma membacakan puisi yang berjudul Apartemen Identitas karya Afrizal Malna. Dari puisi tersebutlah yang dapat membawanya mendapatkan juara 1.

    “Saya sangat merasa bangga karena dapat mewakili sekolah dalam ajang tersebut (Bulan Bahasa UMP). Alhamdulillah mendapatkan juara 1, sungguh saya tidak menyangka karena jumlah peserta yang cukup banyak dari berbagai daerah,”ungkapnya.

This article have

0 Comment

Leave a Comment