School Info
Friday, 17 May 2024
  • Mencetak Generasi Islam Teladan yang Berakhlak Mulia, Cerdas, Berjiwa Pemimpin dan Berdaya Saing Global
  • Mencetak Generasi Islam Teladan yang Berakhlak Mulia, Cerdas, Berjiwa Pemimpin dan Berdaya Saing Global
23 October 2021

Tips Memilih Perguruan Tinggi

Sat, 23 October 2021 Read 8x Artikel

          Setelah lulus SMA, kamu akan melanjutkan kuliah kemana? Pertanyaan ini akan semakin akrab didengar, khususnya untukmu yang saat ini duduk di bangku kelas XII. Tidak hanya jurusan, memilih perguruan tinggi ternyata juga tidak mudah. Kalau program studi incaranmu antimainstream, misalnya astronomidi ITB, tentu kamu tidak akan kebingungan mencari perguruan tinggi. Akan tetapi, kalau jurusan incaranmu di ranah yang lebih mainstream dengan banyak pilihan perguruan tinggi, misalnya kedokteran, itu bisa membuatmu bingung menentukan mana perguruan tinggi yang baiknya dipilih.

Agar bingungnya tidak berkepanjangan, kamu bisa pertimbangkan beberapa hal berikut:

  1. Riset

Pastikan jurusan yang kamu cita-citakan ada di perguruan tinggi yang kamu tuju. Cari info sebanyak-banyaknya, apapun yang ingin kamu tahu dari perguruan tinggi itu.

  1. Tujuan Masa Pendidikan

Pertimbangakan jenis perguruan tinggi. Kalau kamu menginginkan belajar dengan lebih banyak praktik dan keterampilan, perguruan tinggi vokasi bisa menjadi pilihan. Sementara jika kamu cenderung ingin menjadi akademisi, kamu bisa memilih ke universitas.

  1. Akreditasi

Akreditasi adalah upaya pemerintah untuk menstandarisasi mutu perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh lembaga BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Malalui akreditasi ini, akan terlihat kualitas mutu dari perguruan tinggi.

  1. Lokasi

Lokasi menjadi salah satu unsur penting untuk pertimbanganmemilih perguruan tinggi yang sesuai. Lokasi perguruan tinggi akan mempengaruhi kenyamanan dan biaya hidup tinggal di suatu kota.

  1. Biaya

Biaya kuliah menjadi salah satu faktor utama sebagian pelajar. Cobalah cari tahu berapa biaya yang kamu butuhkan untuk kuliah di perguruan tinggi incaranmu. Cari tahu juga apakah perguruan tinggi menyediakan beasiswa yang kamu perlukan.

  1. Berpikir Realistis

Sebesar apapun semangatmu masuk ke perguruan bergengsi yang kamu cita-citakan, jangan membutakanmu untuk tetap berpikir realistis. Pertimbangkan matang-matang sesuai dengan kemampuan diri sendiri, baik dari segi akademik maupun finansial.

     Setelah memahami dan mempertimbangkan hal-hal di atas, kamu bisa memilih mana yang diprioritaskan. Seperti prioritas berkuliah di kampus berakreditasi A, kampus yang dekat rumahmu, atau mungkin kampus yang biaya kuliahnya lebih murah. Semua tergantung pilihanmu!

Penulis: Nias Uciyanti, S.Pd

This article have

0 Comment

Leave a Comment

Kontak

AlamatJl. Prof. Dr. Suharso, Arcawinangun, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53113
Telepon: (0281) 636900